Daftar Blog

Search My Blog

Senin, 11 Juni 2012

Keindahan Pantai Selatan Sawarna



Setelah sekian lama saya tidak ke pantai (terakhir ke pantai Parangtritis di tahun 2011 lalu pas Lebaran), akhirnya bulan Juni 2012 saya berkesempatan jalan - jalan ke pantai lagi, kali ini target saya adalah pantai Sawarna yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Kebetulan anak - anak dari Bajaj Pulsar kaskus (Bapukers) ada yang mau ke pantai Sawarna, akhirnya dibikin daftar pesertanya. Dari daftar peserta, ternyata sebagian dari luar Jabotabek (3 motor dari Bandung, dan 1 motor dari Sukabumi). Langsung dibagi ke berberapa kloter dengan titik kumpul di Mesjid Agung, Pelabuhan Ratu. Saya tentu saja ikut kloter Jakarta, dengan titik kumpul di sebuah rumah makan di Bogor.

Bersiap menuju Bogor


Perjalanan dimulai dari Bogor menuju jalan Raya Sukabumi, lalu belok kanan menuju Cikidang dan sampai di Pelabuhan Ratu. Perjalanan relatif aman dan lancar, kecuali di jalan Raya Sukabumi, kami mengalami kemacetan yang luar biasa, kemacetan karena ada perbaikan jalan raya dan berberapa kendaraan besar yang berjalan sangat lambat karena tidak kuat menanjak.
Setelah berhasil melewati titik kemacetan dan perbaikan jalan. Saya memutuskan untuk beristirahat dahulu di sebuah mini market sebelum memasuki Cikidang. disana saya mendapat kabar jika kloter Sukabumi sudah menunggu di Pelabuhan Ratu dan kloter Bandung sudah di Cianjur. Dengan tidak berlama - lama, langsung kami bergegas menuju Pelabuhan Ratu via Cikidang. Jalan raya di Cikidang relatif sangat baik, tidak banyak aspal yang berlubang.
Sesampainya di Pelabuhan Ratu, kami langsung regroup dengan kloter Sukabumi dan Bandung. Setelah makan siang, kami langsung bergegas menuju Sawarna. Perjalanan sedikit kurang nyaman karena banyak jalan yang rusak dan berlubang, tak jarang motor kami menghantam lubang yang lumayan dalam.

Sampai di Sawarna, telihat pantai Sawarna dari kejauhan

Dari sini kita bisa melihat pantai secara keseluruhan

Jembatan gantung menuju desa Sawarna, hanya bisa dilewatin oleh kendaraan roda 2

Jembatan gantung, bayar Rp 2000,- untuk retribusi

Perjalanan menuju Tanjung Layar atau Batu Layar, sebaiknya jalannya dibiarkan seperti ini agar pantai tetap bersih dan natural

Tiba di Tanjung Layar, sambil mencari - cari penginapan

Tanjung Layar, Sawarna

Tanjung Layar, Sawarna

Tanjung Layar, Sawarna

Tanjung Layar, Sawarna menjelang sunset, sayang  tertutup oleh awan

Tanjung Layar, Sawarna

Tanjung Layar, Sawarna

Tanjung Layar, Sawarna

Tanjung Layar, Sawarna

Tanjung Layar, Sawarna

Sisi lain Pantai Tanjung Layar, Sawarna

Makan Malam di penginapan, dibuatkan oleh ibu pemilik penginapan

Tempat perkir penginapan, penginapannya tepat di depan jembatan gantung

Keesokan harinya kami kembali ke pantai

Udara sejuk di pagi hari di pantai Sawarna

Menuju Pantai tanjung Layar kita akan melewati hutan pohon kelapa dan rumput - rumput liar

Pemandangan sepanjang perjalanan menuju pantai Tanjung Layar

Pemandangan dari sisi yang lain

Dari kejauhan tampak kawasan Pantai Pasir Putih

Pemandangan sepanjang perjalanan menuju pantai Tanjung Layar

Kondisi jalan yang masih natural, dari jauh tampak Batu Layar

Parkir kendaraan, untuk menyusuri pantai dengan berjalan kaki

Batu Layar dari kejauhan, setelah menyusuri pantai

Lalu ketemu pemandangan seperti ini, berasa masih di desa, udaranya juga masih segar di pagi hari

Pengunjung jarang terlihat disini, karena aksesnya yang sulit , yang kami temui hanya penduduk lokal

Jalan lagi menyusuri pantai melewati pinggir tebing, aksesnya lumayan sulit membuat kami cepat lelah
Setelah puas menyusuri kawasan pantai Tanjung Layar, kami putuskan untuk mandi air laut di Pantai Pasir Putih, dengan membawa kendaraan. Lokasinya tak jauh dari pantai Tanjung Layar, tapi lumayan jauh jika dengan jalan kaki.

Pantai Pasir Putih, Sawarna

Pantai Pasir Putih Sawarna, dari kejauhan tampak Batu Layar

Pantai Pasir Putih, Sawarna tidak ada karang dan airnya sangat bening

Pantai Pasir Putih, Sawarna. Ombaknya lumayan kencang

Pantai Pasir Putih, Sawarna. menjelang siang hari pantainya luas dan masih sepi pengunjung

Bermain dengan ombak pantai Pasir Putih, Sawarna

Setelah kami puas mandi air laut, langsung kami bergegas menuju penginapan lagi untuk bersiap pulang. Setelah selesai makan siang dan berkemas, kami pamit pulang kepada ibu yang punya penginapan.

View perjalanan pulang sekitar Pelabuhan Ratu

Group riding di depan Pantai Karang Hawu, Sukabumi

Group riding di depan Pantai Karang Hawu, Sukabumi

Group riding di depan Pantai Karang Hawu, Sukabumi

Group riding di depan Pantai Karang Hawu, Sukabumi

Group riding di depan Pantai Karang Hawu, Sukabumi

Group riding di depan Pantai Karang Hawu, Sukabumi

Pada saat perjalanan pulang, rekan kami sempat terjadi accident terpeleset karena tumpahan pasir di turunan curam di daerah Cikidang, beruntung tidak terjadi luka yang serius. Sesampainya di pertigaan Raya Sukabumi, kami berpisah dengan rombongan Bandung dan Sukabumi, mereka belok kanan menuju Sukabumi kami belok kiri menuju Bogor.
Kondisi perjalanan pulang hampir sama bahkan lebih parah dari keberangkatan. Kondisi dimana jam - jam kendaraan besar keluar, perbaikan jalan, kondisi jalan rusak, dan ditambah lagi ada sesama pengendara roda 4 yang berkelahi di tengah jalan, sehingga membuat kemacetan sepanjang 5km!!! dan sangat menguras tenaga kami.
Sesampainya di Bogor, kami beristirahat dahulu untuk makan malam di daerah air mancur Bogor, Setelah itu  langsung menuju Jakarta.

Reno Erasmus







20 komentar:

  1. ada foto ane lagi riding...hihi

    BalasHapus
  2. lam kenal ya bro!
    wahhh bagusss banget yah pantainya..cuman sayang yah, aksesnya sepertinya kurang menyenangkan nih, selain jauh, banyak jalan berlubang, dan ada lokasi yang cuman bisa ditempuh naek motor yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sekarang mungkin udah lebih bagus aksesnya... soalnya dulu saya kesana pas diperbaikin jalanannya...

      makasih udah mampir

      Hapus
  3. salam kenal bro
    saya juga berencana mau ke sawarna, tapi rute perjalanan dari bandung..
    boleh minta saran rute yg harus dilewati ga? kmrn brapa lama perjalanannya bro??sama saran2 tempat2 yg harus dikunjungi :D
    kl berkenan boleh kirim ke email arhamsabai@gmail.com :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari bandung lewat cianjur, sukabumi, pelabuhan ratu dan sawarna.. untuk berapa lama sepertinya ngak jauh beda dari jakarta ke sawarna.. kira2 sekitar 6-7 jam

      tempat2 yg dikunjungin seperti batu tanjung layar, pasir putih, goa lalay.. diluar dari itu mungkin masih banyak lagi :D

      Hapus
  4. Pantai Sawarna sangat indah! Boleh numpang tanya ya, karena saya berminat ke sana. Rencananya saya dengan istri dan anak2 akan menggunakan mobil. Apakah mobil bisa dibawa sampai ke dekat pantai? Penginapan di sana cukup banyak? Berapa rata2 tarifnya per malam? Apakah ada penginapan di dekat pantai yang dapat dicapai dengan mobil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mobil hanya bisa sampai depan jembatan gantung.. posisinya di depan penginapan saya sewaktu kesana... (foto diatas)

      penginapan banyak.. didalam atau diluar juga ada.. untuk yg recomended buat yg bawa mobil sebaiknya menginap diluar jembatan saja seperti penginapan kami yg posisinya di sebrang jembatan.. parkiran untuk mobil tersedia, pemilik penginapan juga ramah.. saya 2x menginap disana, harga tergantng nego juga sih, sekalian minta dibikinin masakan sama ibu pemilik penginapannya 3x

      Hapus
  5. penginapannya berapa Bro ?? kalau pakai mobil mau ke batu layar harus jalan jauh ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya penginapan booking lantai atas dapat 3 kamar 1 juta, 1 kamar bisa diisi 4 orang... penginapan yang persis didepan jembatan gantung

      pakai mobil ke batu layar ngak bisa bro, mobil harus parkir di luar jembatan gantung, jalan lumayan juga melewati kampung2 dan semak2 gitu, ramai koq kalo pagi banyak yang kesana juga, atau numpang ojek yang mangkal di jembatan gantung

      Hapus
  6. saya ada rencana mao kesana akhir minggu ini ....
    mao tanya . berapa lama perjalanan dari cikidang sampai sawarna ?
    sya brangkat dari jakarta .
    mngkin nanti rencana nya lwat arah yg k sukabumi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. lewat sukabumi lebih jauh bro.. muter2.. mending lewat cikidang saja.. jalurnya seru, nikung2 dan naik turun seperti roller coaster hehehe...
      dari cikidang - sawarna sekitar 3 jam-an kalau naik motor.. kalo naik mobil bisa lebih lama lagi karena jalur cikidang yg sempit, berliku2 dan naik turun curam...

      Hapus
  7. mau tanya, kalo penginapan buat 60 orang kira2 bisa ga ya? trus, di deket sana ada yang jual makanan ga kayak prasmanan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
    2. wah banyak sekali... untuk penginapan bisa sewa 1 rumah, kalo 60 orang mungkin bisa 2 rumah (rumah yg besar di seberang jembatan tempat saya menginap).. untuk makanan bisa disediain sama pemilik penginapan seperti foto diatas.. sudah include sama biaya penginapan, makan 3x..

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  9. wah keren mas...thanks sudah berkunjung kePantai sawarna dan post tentang sawarna...

    ada fanspagenya juga nih Pantai sawarna https://www.facebook.com/pages/Pantai-Sawarna/211311492271153?ref=hl

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas... saya sudah 2x ke sawarna.. disawarna mengalami kemajuan dari segi fasilitas..

      harapan saya semoga tidak jadi dibangun jembatan besar yg bisa dilewati kendaraan besar ke pantai.. karena bisa merusak lingkungan disana.. semoga

      sip menuju ke TKP

      Hapus
  10. salam aja bro sesama anak pulsar..sempat kopdar juga sih beberapa kali sama pulsarian BOGOR tapi karna kepadatan jadwal akhirnya jadi FREE AJA deh hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga free.. gak terlalu mengikat.. dibawa enjoy saja, komunitas untuk belajar dan bersenang2 bukan dibawa beban, begitu juga touring hehehe

      Hapus